Doa Yabez

Oleh Bpk.Pdt. Stefanus Witopo

Khotbah Minggu 18 Februari 2018

Yabez muncul karena penulis kitab tawarikh sedang menulis silsilah. Di tengah2 penulisan silsilah, nama Yqbez muncul. Namun nama Yabez ini konotasinya negatif, artinya “kesakitan”. Biasanya ortu memberi nama kepada anaknya sesuatu yang artinya positif, spy anaknya senang dan sukses. Tapi Yabez mengalami penolakan krn ibunya memberi nama tsb seakan akan spy dia ingat bhw dia adalah penyebab kesakitan ibunya.
Tapi di ayat sebelumnya dikatakan bahwa Yabez lebih dimuliakan drpd saudara saudaranya. Yabez yg semula dianggap pembawa sial, pembawa kesakitan, tapi dia tidak membiarkan dirinya menerima nasib jelek, dia berdoa dan sebagai keturunan Yehuda dan keturunan Abraham dia mengetahui warisannya dan dia berseru kepada Tuhan meminta pertolongan. Dia tahu bahwa dia punya hak untuk menerima janji yg Tuhan berikan pada Abraham. Kej 22:17 Tuhan berjanji memberkati Abraham berlimpah limpah. Demikian juga setiap kita, melalui penebusan Kristus kita adalah keturunan Abraham dan berhak menerima warisan perjanjian itu juga. Berkat Tuhan yang menjadikan kita kaya, susah payah tidak menambahinya. Doa Yabez yg kedua adalah minta daerahnya diperluas.
Yabez perlu kapasitas yang diperluas, seperti yg dikatakan di Yes 54:2, Tuhan menghendaki kita berkembang. Kita bukan hanya penerima berkat tapi juga pemberi berkat. Kalau kapasitas kita diperluas, pengaruh kita diperluas maka kita menjadi berkat bagi banyak orang.
Pada waktu kita melangkah dengan Tuhan maka mujizat akan terjadi. Usahamu akan diperluas, engkau akan terima promosi dari Tuhan.
Doa yg ke tiga, Yabez minta supaya tangan Tuhan menyertai dia dan melindungi dia dari malapetaka. Ini sesuai dengan yes 41:10. Banyak anak Tuhan yg awalnya mengandalkan Tuhan tapi tiba tiba di satu titik dia meluoakan Tuhan, meninggalkan Tuhan, akibatnya jatuh dalam keterpurukan. Karena itu jangan hanya minta berkat, jangan hanya minta perluasan, tapi mintalah penyertaan Tuhan.
Yoh 10:28 Tuhan memberikan kehidupan kekal dan seorangpun tidak bisa merebut mereka dari tanganKu. Jadi tangan Tuhan itu sesuatu yg luar biasa, itulah yang membuat kita berkemenangan.
Saudara harus menyadarii bahwa musuh kita, yaitu iblis akan selalu mengupayakan spy saudara jatuh, saudara menyerah, saudara gagal. Karena itu kita perlu penyertaan tangan Tuhan.
Kis 11:21 tangan Tuhan menyertai sehingga injil bisa diberitakan.
Yang bisa membuat mujizat, membuat orang diberkati adalah tangan Tuhan.
Yabez tidak membiarkan hidupnya ditentukan oleh perkataan orang tapi oleh perkataan Tuham saja.
Sebenarnya kalau dilihat dari kata kata “kiranya” maka iman Yabez kelihatan kecil, tidak terllalu mantap, karena kata “kiranya” artinya ” kalau boleh” . Tapi sekalipun iman nya tidak terlalu mantap, Tuhan melihat kapasitas hatinya dan karena dia berdoa kepada yg tepat, yaitu Tuhan pencipta langit dan bumi.
Seperti Elia waktu setelah melawan nabi palsu dia ketakutan menghadapi Izebel. Tapi Tuhan menguatkan dia. Tuhan punya rencana bagi masa depan Elia jadi Tuhan menjaga spy jangan sampai Elia berhenti di tengah jalan.
Elia juga sempat mengandalkan pengalaman masa lalu tapi Tuhan berbicara kepada Elia dengan cara yang baru. Kita harus terbuka dengan cara cara yang baru dari Tuhan. Jangan menjadi bodoh tapi kenalilah hati dan rencana Tuhan atas kita.
Pada waktu rasul rasul menerima janji Tuhan bahwa Tuhan akan menyertai mereka, maka mereka tetap berdoa meminta penyertaan Tuhan sungguh sungguh sehingga mujizat dan tanda tanda heran mengikuti.
Doa Yabez adalah sesuai dengan kehendak Tuhan. Rencana Tuhan bagi kita adalah rencana yang sempurna.
Mark 11:24 APA saja yg kita minta dan doakan, percayalan bahwa kita sudah menerima nya.
Ayat 25, Tuhan suruh kita mengampuni terlebih dahulu.
Prinsip dunia: terima dulu baru percaya.
Tuhan mengajari percaya dulu baru menerima.
Saya percaya bahwa pd waktu Yabez berdoa, dia sdh beres dengan ibunya maupun saudara2nya. Krn itu dia terima jawaban doa

no replies

Leave your comment