Bertumbuh Dalam Iman

1 Raja-Raja 17:1-

Elia dipakai Tuhan utk menyampaikan nubuatan kepada bangsa Israel bhw akan ada kekeringan. Dan itu terjadi. Elia adalah seorang nabi yang dipakai Tuhan, diurapi luar biasa, tapi dia juga mengalami akibat yg terjadi dari firman itu. Bangsa itu mengalami kekeringan dan Elia yg tinggal disana otomatis juga akan mengalami dampaknya. Namun Tuhan membuat sebuah perbedaan bagi Elia, Tuhan memelihara dia di tepi sungai kerit dan burung dikirim utk memberi makan. Sesuatu yang supra natural terjadi tanpa campur tangan manusia. Tetapi Tuhan tidak berhenti sampai disitu. Waktu sungai kerit menjadi kering maka Tuhan membawa Elia melewati perjalanan berikutnya yaitu pergi ke Sarfat yg termasuk wilayah Sidon. Memang tidak disebutkan Elia naik apa ke Sarfat, jalan kaki atau naik apa, tapi Elia bisa mencapai wilayah itu pasti juga dengan campur tangan Tuhan. Kalau sebelumnya Tuhan memelihara Elia lewat burung gagak, tanpa campur tangan manusia,.maka berikutnya Tuhan memakai seorang manusia, yaitu seorang janda di Sarfat. Sebenarnya janda itu bukan orang kaya dan ia pun hanya mempunyai roti terakhir yg akan dia makan sendiri. Sekalipun Tuhan berfirman “Elia, Aku memerintahkan seorang janda untuk memelihara engkau’. Tapi kenyataan yang dihadapi, janda itu secara manusia tidak bisa menolong Elia karena dia bukan sedang berkelimpahan. Janda itu mungkin berpikir “bagaimana mungkin aku bisa jadi berkat buat nabi ini, sedangkan aku sendiri berkekurangan” tetapi Tuhan tidak bisa dibatasi oleh situasi dan keadaan, dan Elia mempercayai firman Tuhan bhw Tuhan akan memakai janda ini untuk memelihara dia. Maka Elia melepaskan firman bahwa sesungguhnya tepung dan minyak itu tidak akan habis sampai Tuhan mencurahkan hujan .

Disini kita bisa melihat bahwa iman harus bertumbuh, ada progress. Baik Elia maupun janda itu mengalami perjalanan iman yang bertumbuh.
Selama hujan itu belum datang, maka Tuhan memelihara dengan tepung dan minyak. (Ayat 14)
Tepung itu bicara temtang firman
Minyak itu bicara tentang pengurrapan Roh Kudus. Selama hujan kebangunan rohani belum datang, bukan berarti kita memgalami kekeringan,.kita dipelihara Tuhan dengan firman dan minyak pengurapan Roh Kudus.

Mat 6:31-34

Tuhan berkata supaya kita tiidak kuatir akan hari esok, tapi supaya kita mencari kerajaan Allah terlebih dahulu. Tuhan bisa membuat sesuatu yang di luar perhitungan kita. Tuhan sanggup memberkati saudara.
Pada waktu Tuhan membuat mujizat memberi makan 5000 orang dengan 5 roti dan 2 ikan. Maka semua makan sampai kenyang bahkan sisa 12 bakul. Pada waktu kita melayani Tuhan. Maka kita akan diberkati berlimpah limpah. Jangan berhenti melayani Tuhan.

Elia melepaskan firman Tuhan yang mengubah situasi dan keadaan. Pada waktu janda sarfat itu melakukan apa yang difirmankan maka Dia mengalami pemeliharaan Tuhan dan terobosan dalam hidupnya

Lewat hidup saudara dan iman saudara maka banyak orang akan dipulihkan, diberkati dan menjadi berkat bagi banyak orang.

Iblis mungkin berusaha menyetop emgkau spy engkau berhenti melakukan kehendak Tuhan, supaya engkau mengalami kekeringan. Janda itu tidak punya suami. Sepertinya dia tidak punya sesuatu yg bisa dia andalkan. Jika engkau seperti janda ini, lepaskan perkataan bagi keluargamu, bagi suami, isterj dan anak anakmu.
Jika engkau memgalami bisnis mu mengalami kelesuan , maka lepaskan firman atas usaha dan bisnismu.

Pada waktu kita melepaskan firman maka kekeringan akan berubah menjadi kelimpahan.

no replies

Leave your comment