Mazmur 23
Lagu ini dinaikkan Daud pada waktu ia berada pada masa paling sukar dalam hidupnya. Bukan pada waktu Daud dalam kondisi baik. Tuhan mau membawa kita ke padang yang berumput hijau. Tuhan akan membawa kita ke air yang tenang. Dalam hidup saya, saya melihat bagaimana Tuhan mengubahkan dari kondisi yg rugi jadi untung. Dari kondisi yang tidak subur jadi subur. Apapun yang kita alami, Tuhan jauh lebih peduli. Tuhan melakukan semuanya itu oleh karena Nama-Nya. Karena nama Tuhan ada pada kita maka Dia akan bertindak. Yang perlu kita lakukan adalah taat pada perintah-Nya.

Tuhan bisa memakai kebodohan kita, kelemahan kita, kekurangan kita, untuk memuliakan Nama-Nya. Kita diberi kesempatan untuk mendemonstrasikan kuasa-Nya.
Rancangan Tuhan tidak pernah gagal dalam hidup kita. Tetapi bisa terjadi waktunya diperlama kalau kita tidak taat. Karena itu saudara harus taat supaya waktunya tidak diperlama. Saudara harus berdoa supaya waktunya dipercepat.
Goal.iblis adalah membuat kita menjadi sakit. Tapi goal Tuhan Yesus adalah membuat kita sehat. Tuhan mau kita menjadi kaya dan diberkati, tapi Tuhan tidak menghendaki jika dari dalam hati kita timbul keinginan untuk menjadi kaya. Seharusnya yang jadi goal kita adalah menjadi cukup. Karena Tuhan Yesus mengajarkan doa Bapa kami. ‘berilah pada kami makanan yg cukup untuk hari ini”. Waktu saya blm punya uang, saya janji ‘jika Tuhan beri saya 1 milyar maka saya akan berikan pada Tuhan.” Waktu hal itu terjadi, Tuhan ingatkan saya “mana janjimu” maka saya berikan kepada proyek di halmahera, dan hasil akhirnya adalah kita diusir dari sana. Tapi kemudian Tuhan bisa mengembalikan dari tempat yang lain. Orang yang cukup, yang diberkati Tuhan adalah orang yang mandiri. (Salah satu goal project kita).
Mengapa saya mengajarkan pertanian terpadu? Supaya generasi sesudah kita bisa mandirii dalam hal pangan. Juga bisa sehat karena mengerti tentang manfaat tanaman yang bisa jadi obat.

Bagaimana memulai?
1. Benih untuk ditabur. Tuhan selalu memberi roti utk dimakan dan benih untuk ditabur.
2. Mengandalkan Tuhan
3. Menjadi berkat bagi orang lain. Seperti janji Tuhan kepada Abraham, diberkati supaya jadi berkat bagi semua bangsa.

Hidup sehat adalah sebuah kebutuhan, ini bisa dikerjakan oleh semua orang.

no replies

Leave your comment